Minggu, Oktober 28, 2012

Kegiatan Idul Adha 1433 H di Masjid Minhaajul Jannah


Idul Adha 1433 H tahun ini bertepatan dengan Tgl 26 Oktober 2012 yang jatuh di hari Jum'at, sehingga libur kantor menjadi panjang dimulai dari jum'at hingga Ahad. Walau begitu sederet aktifitas sudah menanti untuk dengan sepenuh hati ditunaikan dengan sebaik-baiknya.

Aktifitas pertama diawali dengan menjadi seksi dokumentasi pada panitia Idul Adha di lingkungan rumah tempat saya tinggal. Tugas tersebut saya lakukan dengan semaksimal mungkin. Menjadi seksi dokumentasi pada kegiatan DKM Masjid di lingkungan rumah merupakan bidang yang tak pernah lepas dari pundak saya.

Saat pelaksanaan sholat Idul Adha, saya langsung action mengabadikan setiap momen yang dirasa perlu untuk diambil gambarnya. Mulai dari pembukaan yang dipandu oleh Bapak Syukur dilanjutkan dengan kumandang bilal yang disuarakan dengan indahnya oleh bapak Asep dan puncaknya penyampaian khotbah Id oleh KH. Abdul Karim yang dilaksanakan usai sholat Id berjamaah. Foto lengkap silahkan klik disini



Kegiatan selanjutnya yaitu pemotongan hewan kurban yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia. Untuk tahun ini jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid Minhaajul Jannah RW 07 yaitu untuk sapi sebanyak 6 ekor dan kambing sebanyak 11 ekor.

Sebagaimana tahun sebelumnya yang bertindak sebagai eksekutor penyembelihan hewan kurban yaitu dipimpin oleh Pak H. Surahman sebagai penyembelih sapi dan dibantu oleh Pak Tri dan H. Asep Badru yang  bertugas menyembelih kambing.

Sapi merupakan hewan pertama yang disembelih. Mulai sapi pertama dapat disembelih dengan mudah. Awalnya ditubuh sapi tersebut dibelitkan tambang hingga keempat kakinya ikut terbelit juga. Lalu ramai-ramai secara serentak sapi itu ditarik hingga tubuhnya hingga terhempas ketanah. Kemudian dengan dibantu kurang lebih 5-6 orang yang bertugas memegang sapi tersebut sang eksekutor menjalankan tugasnya dengan sekali hempasan golok darah pun menyembur membasahi tanah.

Pada sapi kedua ternyata ternyata tak semudah seperti sebelumnya. Bahkan panitia harus berusaha ekstra agar sapi tersebut bisa dirobohkan sehingga memudahkan proses penyembelihan. Namun sapi tersebut memberikan perlawanan yang berarti. Untungnya panitia dengan sigap bisa menghalau sapi tersebut sehingga hal yang tidak diinginka bisa dihindari.

Sementara proses penyembelihan sapi berlangsung, Proses penyembelihan kambing pun juga dilakukan pada waktu yang bersamaan. Alhamdulillah semua hewan dapat dilakukan penyembelihan dengan baik dan menyisakan 2  ekor kambing yang akan disembelih usai sholat Jum'at sesuai permintaan pekurban. Proses pencacahan daging berlangsung dengan penuh kebersamaan. Setiap orang berusaha dengan sebaik-baiknya menyelesaikan tugasnya dengan se-efisien mungkin mengingat waktu yang terbatas karena harus menunaikan sholat Jum'at.

Satu jam sebelum waktu sholat Jum'at pekerjaan dihentikan sementara untuk menunaikan sholat. Setengah jam usai sholat proses pencacahan dan pembungkusan daging kurban dilanjutkan hingga tak ada sedikitpun daging kurban yang tersisa. Disela-sela pencacahan ada sebagian panitia yang makan siang dan kemudian setelah selesai dilanjutkan oleh panitia lainnya dan dilakukan secara bergantian .

Setengah jam jelang Ashar seluruh daging kurban selesai dimasukan dalam kantong dan langsung didistribusikan pada warga yang ada dilingkungan RW 07 dab sekitarnya.





Tidak ada komentar: