Selasa, Desember 24, 2013

Catatan Perjalanan Ke Markas PKS Piyungan di Jogjakarta


Saya bersama tim sosmed PKS Cibitung melakukan kunjungan dalam rangka studi banding ke DPC PKS Piyungan, kab Bantul, Jogjakarta pada Jumat - Ahad, 13-15 Desember 2013.
Bertolak dari Cibitung pada Jum'at malam jam 21.00, rombongan yang berjumlah 8 orang dipimpin langsung oleh ketua PKS Cibitung, pak Data Pura. Mereka adalah : akh Holil, akh Winarto, akh Junaedi, akh Bakhtiar, akh Ito dan saya sendiri.

Alhamdulillah perjalanan cukup lancar, walaupun ada sedikit insiden di jalur Pantura. Saat itu memang terjadi kemacetan tanpa diketahui sebabnya. Namun utk jalur sebaliknya volume kendaraan tampak tidak begitu padat. Tak lama tampak beberapa kendaraan baik itu bus kota dan mini bus yang tak sabar sehingga mereka nekat mengambil jalur arah berlawanan yg memang tidak begitu padat. Jalan dua arah yang di batasi oleh median jalan dan kadang di selingi oleh putaran selebar 3 meter itu rupanya menjadi alternatif untuk mengambil jalan singkat bagi pengendara yang terburu-buru. Pada putaran tersebut juga tampak pak ogah yang membantu pengendara untuk mengambil jalur berlawanan tersebut.
Akhirnya melihat banyaknya kendaraan yang ambil jalur tersebut, rombongan pun akhirnya turut serta melewati jalur tersebut. Namun itu tak berlangsung lama karena sejurus kemudian jalur yang seharusnya kami laui tampak menjadi lancar dan rombongan yang melalui jalur berlawanan malah menjadi tersendat. Usut punya usut ternyata dari jauh tampak petugas menghampiri satu persatu kendaraan yang melewati arah berlawanan tersebut. Dan tak lama juga petugas tersebut menghampiri mobil yang kami tumpangi.Sejurus kemudian sang petugas menanyai surat kelengkapan kendaraan dan Sim, dan rupanya itu hanya kedok saja karena setelah kami selipkan beberapa lembar uang kertas di tangannya, petugas itupun berlalu membiarkan rombongan melanjutkan perjalanannya.

Lepas dari pantura perjalananpun dilanjutkan. Menjelang subuh kami mampir di masjid Fauziah di Pekalongan. Rombonganpun berhamburan untuk membersihkan diri di kamar mandi dan berwudhu untuk kemudian bergegas menuju masjid dengan arsitektur yang cukup megah ini.

Usai menunaikan sholat subuh berjamaah kami dikejutkan oleh 2 orang sahabat kami di Cibitung yang ikut sholat berjamaah dengan kami. Mereka adalah akh Agus dan akh Nularso. Rupanya mereka dalam perjalan menuju Solo untuk menghadiri pernikahan salah satu kerabat mereka di sana. Sungguh pertemuan yang tak terduga karena memang sebelunya kami tidak ada janji terlebih dulu untuk bertemu di sini.

Selepas sarapan dengan nasi yang di bungkus daun pisang khas Pekalongan beserta gorengan tempe dan tahu, akhirnya kami segera berangkat untuk melanjutkan perjalanan yang masih harus di tempuh kurang lebih 3-4 jam perjalanan lagi.Karena ada kesalahan di beberapa titik sehingga perjalanan yang di perkirakan memakan waktu 10 jam harus molor menjadi lebih dari 12 jam.

Akhirnya kami tiba di Kecamatan piyungan hampir menjelang siang. Disisi kanan jalan tampak akh Andi yang merupakan ketua DPC PKS Piyungan menjemput kami dan memandu hingga rombongan memasuki Desa Sitimulyo, salah satu dari 3 Desa yang ada di Kecamatan Piyungan.Rombonganpun diterima oleh saudara kami dengan cukup hangat dan dalam suasana kekeluargaan yang amat kental. Padahal kami terpisahkan oleh jaraknya cukup jauh. Kurang lebih hampir 600 km jarak yang sudah kami tempuh.

tampak hadir menyambut kami yaitu, sekretaris DPC akhSulistyo, bendahara dan juga ada salah seorang yang merupakan CAD untuk Provinsi DI Jogjakarta. Tak lama suguhan berupa the hangat, kue dan salak pondoh terhidang dihadapan kami. Sambil menyantap hidangan kamipun tampak akrab dan saling bertaaruf.Tak lama adzan dzhuhur berumandang dan pertemuan di skor dulu untuk sholat. Selepas sholat kami pun dihidangkan makan siang berupa gudeg khas Jogja yang mengundang selera. Makanan tradisional dengan rasa manis yang dominan itu pun tandas dalam sekejap.

Usai menyatap hidangan acara dilanjutkan dengan sharing mengenai aktifitas tim sosmed di Cibitung dan secara bergantian tim dari Piyungan menguraikan perjalanan tim sosmed Piyungan dari awal hingga menjadi terkenal di jagat maya seperti saat ini.Pertemuan diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh ketua PKS Cibitung, akh Data Pura kepada ketua PKS Piyungan, akh Andi yang disaksikan oleh kami semua yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

Jelang sore kamipun berpamitan untuk kembali ke Bekasi dengan membawa sejuta kenangan akan indahnya ukhuwah dan bonusnya berupa kisah perjalanan PKS Piyungan dengan sederet prestasinya yang mudah-mudahan bisa ditiru di wilayah kami.

Rombongan pun bergegas kembali dan akan melalui jalur selatan berbeda dari saat pemberangkatan yang melalui jalur Pantura. Rencananya rombongan akan mampir di kampung halaman akh Holil untuk bermalam untuk kemudian esoknya kami lansung kembali ke Bekasi.

Alhamdulillah rombongan tiba di Bekasi menjelang sore dan kamipun langsung kembali ke tempat kediaman masing-masing. Sungguh sebuah perjalanan yang begitu banyak menorehkan kenangan dan hikmah. Ada canda, tawa, saling nasehat dan juga saling berbagi pengalaman hampir memenuhi seluruh perjalan kami.



Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT















Tidak ada komentar: